Benteng Orange Nassau Pengaron Saksi Bisu Kekayaan Bumi Banjar

Holaaaaa... sekarang kita akan membahas tentang peninggalan kolonial Belanda yang ada di Kalimantan Selatan, yaaa masih di Kabupaten Banjar tepatnya di Pengaron. Peninggalannya yang tersisa hanya rerutuhan benteng yang sebagian terbakar. Benteng ini terkenal dengan nama ORANGE NASSAU, kenapa dinamai demikian? karena tanah yang terkandung di Benteng ini terdapat batu bara yang berlimpah ruah sehingga Belanda menyebutnya demikian.

    Dibawah benteng ini terdapat terowongan bawah tanah yang mempermudah pengangkutan batu bara pada saat itu dan sebagai pertahanan.


Foto diatas adalah sisa benteng yang dulunya sempat terbakar dan banyak korban jiwa tidak bisa keluar karena kebakaran tersebut.




 Coba liat di dalam sana ada yang berbentuk lingkaran, tempat itu dulunya adalah baling-baling raksasa yang mnyalurkan udara kedalam terowongan. Beberapa waktu lalu benteng tersebut hendak diruntuhkan karena dianggap bangunan tua. Setelah dijelaskan apa itu Beteng Orange Nassau, kini orang-orang merasa bangga karena peninggalan tersebut adalah saksi bisu dan sangat bersejarah, karena benteng tersebut tercetuslah perang banjar. Kini telah dilakukan penelian oleh Arkeolog, semoga saja penelitian ini berkelanjutan dan menjadi cagar budaya yang patut kita lindungi.

Jangan lupa untuk ke Kalimantan Selatan yaaa...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Benteng Orange Nassau Pengaron Saksi Bisu Kekayaan Bumi Banjar "

Posting Komentar