Harapan menjadi BIDAN KOTA apa daya takdir tertulis menjadi BIDAN DESA

     Sekian lama gak berkutat didunia sendiri dan hanya pada pasien, laporan, pasien laporan. Akhirnya bisa berbagi di blog tercinta ini. Alhamduliilah... eeeit ini weekend ya, jadi saya bisa libur sejenak dan lagi tidak ada tafsiran persalinan. 
Disini aku mau cerita pengalaman aku didesa yang sekarang menjadi tempat tinggalku.
Pertama kali nerima SK senengnya luar biasa karena bakal kerja, setelah tau penempatan desa dan nelpon bokap, eh beliau malah khawatir,, "jauh sekali??" kata beliau. Aku yang berada diaula dinas rasa biasa aja karena belum tau medan kerja, emang sih ada temen satu SMA yang bertempat tinggal didesa tersebut dan desa tersebut sudah rada familiar ditelinga walau belum pernah kesana.

      Setelah ngambil SK dan orientasi di DINKES Kabupaten setempat tibalah ke PUSKESMAS yang nantinya menjadi induk kerja. Dari jarak rumahku sendiri ke puskesmas 30 menit dengan jalanan berliku dan kadang ada jurang dikelilingi hutan ditambah pegunungan. Setelah perkenalan diri dan mencoba untuk ikut melihat-lihat desa yang bakal menjadi tempat kerja. Busyeeet mesti naik lagi 7 KM coy dari PUSKESMAS. LO kalo pertama kali kesini bakal mikir 2 kali karena disekeliling jalan abis desa di PUSKESMAS, GAK ADA RUMAH ORANG, YANG ADA CUMAN POHON. Yap, pohon mulu.. kiri kanan ku lihat saja banyak pohon-pohon yang hijau.
      Meski 7 KM tapi jalanannya kecil jadi kalian gak bisa ngebut dan mesti hati-hati kalo mau lewat, karena daerah ini rawan kecelakan. Bayangin aja jalanan cuman lebar KURANG LEBIH 2 METER. Yap cuman muat mobil pick up atau truk kecil aja. Jadi kalo kalian mau duluan mesti harus klakson minta jalan atau kalo gak berarti mesti jadi penggiring di belakang mobil atau truk, jangan coba-coba buat ngebut kalo gak ahli. Aku yang gak ngebut aja udah 2 kali jatoh dari motor. 
     Tapi dibalik semua itu,,, penduduknya ramah coy waktu pindahan bareng suami aja dikasih beras banyak banget. Hey jangan ngeremehin Beras gunung yaa,, di Kalimantan Selatan terkenal banget tuh beras namanya BERAS BUYUNG. Ditanam di pegunungan dan gak kayak sawah-sawah kebanyakan. Eeeih ada tradisi ditempat ini atau bisa saja di daerah pegunungan meratus lainya yaitu setiap kali mau membuka ladang penduduk lokal bakal mengadakan aruh adat meminta kepada tuhan agar pembukaan lahan di hindarkan dari mara bahaya.

    Sorry rada burem ini acara penyuluhan tentang diare dan waktu itu aruh adat di desa tempatku kerja bertempat di balai adat.Ibu Bidan apa ada listrik disana?
Jawabannya ADA
Ibu Bidan apa ada sinyal HP?
Jawabannya GAK ADA. 
      Kalian harus rela naik ke puncak tanah yang tinggi dengan jalan kaki selama 30 menit atau rela turun ke kampung lain pake motor 10 kilo buat dapet sinyal.
      Bayangin aja malem-malem ada pasien gawat dan cuman ada aku aja didesa dan harus melakukan tindakan ataupun rujukan yang perjalanan ke KOTA BARABAI ditempuh selama 2 jam kalo pake mobil. Jarak desa ke RUMAH SAKIT 47 KM dengan jalanan kayak aku sebutin tadi.
Kalian lihat pondokan biru itu atau biasa disebut VILLA BIRU ATAU TENDA BIRU? itu tempat tongkrongan yang ada sinyal di Desa Tandilang (tapi nama lainya BULANIN).
Sekian postingan saya kalo mau tau dimana saya bekerja dan apa kegiatan bidan desa tunggu postingan saya selanjutnya da..daaah








Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk " Harapan menjadi BIDAN KOTA apa daya takdir tertulis menjadi BIDAN DESA "