Aku dan Pakaian indah kepunyaan Indonesia

      Udah bulan Maret horee,, Oke.. aku mau posting pakaian-pakaian adat yang pernah aku pake dibeberapa kesempatan. Rasanya bangga banget karena bisa memakai beberapa pakaian adat yg ada di Indonesia. Ditambah lagi I'm Half Java and Banjar tambah bangga punya darah yg mengalir dari budaya yg berbeda dan bahasa yg berbeda.

Pakaian Galuh aku pakai ada pemilihan Duta Wisata Nanang Galuh Kab. Banjar 2012

       Foto diatas diambil ketika aku menjadi grand Finalis Nanang Gluh Kab. Banjar, memakai pakaian adat dari Kalimantan Selatan. Baju tersebut di pakai oleh para Galuh (anak perempuan suku Banjar), pada pakain tersebut ada beberapa aturan pula yaitu jika anda jeli anda akan melihat di bagian leher ada pita untuk mengikat pakaian tersebut agar pas di bagian leher. Jika sudah menikah maka letaknya berada didepan tapi jika masih gadis atau belum menikah maka letak pita pengikat tersebut berada dibelakang. 
       Begitu pula jika anda memperhatikan untaian rambut serta bunga melati yg dinamai bogam baronce, kalau sudah menikah maka letak keduanya berada disebelah kanan dan bagi anak perempuan yang belum menikah terletak disebelah kiri. Pemilihan melatinya pun harus melati yang kuncup bahwa hal tersebut menandakan bahwa masih gadis atau masih belum menikah. Sayang, kebanyakan salon-salon yagn merias tidak tahu menahu dengan tata cara pakaian tersebut dan kadang suka ngotot sendiri. padahal sudah diberi tahu bagaimana cara pemakain pakaian adat tersebut. Seperti baju galuh dibawah ini terpaksa memakai pita arah depan karena alesan motif lebih banyak di bagian ini.


 Foto tersebut diambil saat penyambutan Pejabat Kementerian Komunikasi dan Informatika yang datang di Kab. Banjar. 



      Aku memakai Baju Bodo (pakaian adat Suku Bugis) diambil ketika acara Sumpah Pemuda tahun 2013 yang lalu.


        Pada Milad Kesultanan Banjar yang ke 509 tahun aku berkesempatan ikut KARNAVAL yang selenggarakan oleh Kesultan Banjar dan memakai pakaian adat dari Suku Jawa. Sorry wajahnya udah lesu soalnya make dari pukul 08:00 dan baru keliling acara karnaval pukul 15:00.


        Me and Kebaya,, Make up dari pukul 12:00 siang dan foto tersebut diambil ketika pukul 20:00 malam hari,, kebayang bagaimana leceknya wajah aku seharian keringetan dan parno selfie karena JAIM dan juga jaga Attitude saat kompetisi di pemilihan Putri Kartini khusus anak kesehatan pada tahun 2013 lalu di POLTEKKES Banjarmasin. Nah dibawah ini foto yang masih fresh karena diambil beberapa menit sebelum kompetisi dimulai.


       Pada acara Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2014 silam saya juga memakai pakaian adat dari Suku Madura, ya walaupun gak mirip-mirip banget karena keburu waktu dan periasnya sibuk dengan yang lain. Tapi tetep bangga kok memakai pakaian tersebut.


Oke,, mungkin yang terlihat di postingan ini adalah foto aku saja dan aku akan membagi foto-foto bersama teman-teman lainnya.


Dan yang terakhir ini aku memakai pakaian yg khas dari Kalimantan Selatan yaitu sasirangan. 


      Naaah ini pengalaman ku. Maaf masih sedikit yang bisa aku bagi untuk kalian.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Aku dan Pakaian indah kepunyaan Indonesia "

Posting Komentar