PELAYANAN POS PIN (PEKAN IMUNISASI NASIONAL) POLIO PUSKESMAS TANDILANG DI PELATARAN PEGUNUNGAN MERATUS KALSEL

        Pelayanan ini udah lama banget. Yap, POS PIN di adain bulan Maret lalu dan baru aja aku pos di blog yang gak terurus ini. Tanggal 9 Maret 2016 bertepatan setelah terjadinya gerhana matahari total di Indonesia. Kami dari Puskesmas Tandilang melaksanakan pelayanan POS PIN POLIO dan pelayanan daerah terpencil (dacil) di anak desa ATIRAN yaitu desa SUMBAI. Hei kenapa anak desa? karena terjadi pemekaran wilayah dan Sumbai di kategorikan anak desa yang mana induk desanya adalah ATIRAN karena lebih dekat aksesnya ke Kecamatan dan masih bisa di lalui mobil meski gak ada jembatan penyeberangan khusus mobil, cuman ada jembatan gantung yang bisa dilewati motor, sepeda dan pejalan kaki saja. Trus kalau mobil mau masuk atiran gimana?
           Ya.. harus jalan sungai, itupun kalau sungainya gak dalam keadaaan pasang. Kasian? Emang.... dan di desa ini aku ditempatkan menjadi BIDAN kategori daerah TERPENCIL dan katanya sih ujung tombaknya kesehatan. Ciee.. Cieee.. Cieee....       
        Nah tuh ambles-ambles dah kalau dipaksain kalau air sungai dalem buat nyeberang pake mobil. Setelah ubek-ubek folder eeeh ternyata  foto jembatannya udah kehapus, entar aku postingin deh.

        Ke desa Sumbai bisa pake mobil? jawabananya waktu itu belum bisa. Ada sih jalan tembus yang baru aja di buka sama masyarakat untuk akses mobil tapi kalau pake mobil dan butuh perjuangan juga karena tanah yang di lalui rata-rata bikin ambelas ban mobil dan wajib ahli banget kalau nyetir dan setau akau belum ada mobil yang bisa masuk kesana kecuali alat berat yang di datengin waktu pelebaran jalan. Kesana ya kalau gak jalan kaki 3 jam perjalanan untuk orang awam kayak kita atau naik motor. Tapi penduduk lokal paling jalan kaki sekitar 1,5 jam aja. Pake motor bisa aja sih kesana, Ya.. kurang lebih lah lelahnya kayak jalan kaki, bentar-bentar turun naik motor karena memang akses jalan yang susah.


Tuh trek yang kalian tempuh kalau mau ke desa sumbai


      Gak jarang kalo boncengan kudu ngalah buat jalan duluan soalnya gak memungkinkan untuk naiak motor berdua di medan yang terjal dan dibawahnya ada jurang yang lumayan buat badan remuk.
Akhirnya kita sampai dan memberikan pelayanan di desa yang menjadi pelataran pegunungan meratus .


Kepala desa juga turut andil dan kegiatan ini. agar polio tak ada lagi khususnya di pelataran pegunungan meratus.


        Swepping ke rumah penduduk, karena didesa ini banyak penduduknya ke Kab. Kotabaru untuk mendulang emas atau sekedar bercocok tanam untuk mengadu nasib. istilah orang disini kalau merantau ke daerah lain itu adalah "Kesebelah".


Bidan dan Ahli Gizi desa Atiran


Foto bersama petugas kesehatan, kepala desa dan masyarakat


     Dan akhirnya kita pulang, di desa Sumbai sudah ada pelebaran jalan tapi mobil belum bisa masuk dan hanya beberapa saja jalannya yang lebar seperti ini.

I

Istirahat sejenak melepas lelah karena perjalanan memakai motor pun harus turun naik dan bentar-bentar harus jalan kaki. bersyukur hari itu gak hujan.


Petualangan hari ini kami lakukan sampai malam menyapa kami di perjalanan.





        Capek? capek banget sumpah, kemaren juga gak nyadar kalau aku udah hamil jalan 3 minggu. Alhamdulillah kandungan aku gak kenapa-kenapa.
Inilah sepenggal cerita yang kami lakukan semoga pelayanan ini kedepannya membuat kami tetap semangat untuk melaksakan pelayanan di daerah terpencil. Meski di desa yang ku bina saat ini hanya ada listrik dan lebih banyak padam nya dari pada nyala dan gak ada sinyal Hp. Hiks,, Hiks,, syeeediih gak tau media sosial lagi viral apa dan update medsos tiap weekend aja ke kota, itu pun kalau gak ada taksiran persalinan didesa.

Sampai jumpa,,, kapan-kapan kesini yaaa... kalau mau ngerasain beras gunung meratus yang terkenal itu dateng waktu musim panen ya. Dijamin pulen berasnya dan bikin ketagihan.

 
















Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk " PELAYANAN POS PIN (PEKAN IMUNISASI NASIONAL) POLIO PUSKESMAS TANDILANG DI PELATARAN PEGUNUNGAN MERATUS KALSEL "