Jangan anggap enteng kuliah di Kebidanan

A : Kuliah dimana?
B : Akademi KEBIDANAN
A : Wiih banyak modalnya
      Begitulah biasanya ketika orang-orang bertanya dimana dulu aku kuliah. Memang Kuliah mengambil jurusan kesehatan tidak ada yang murah. Awal-awal masuk aja udah habis belasan juta, itu pun tanpa dengan embel-embel sumbangan suka rela.
Trus ditambah SPP per semester yang bikin kepala pusing. Kepikir mau pindah jurusan? udah kepikir,, tapi mau apa lagi kalau udah jatuh ke sungai kenapa gak sekalian nyebur aja biar seger.
       Yaa, inilah kisah yang akan aku bagi untuk kalian. 3 (tiga) tahun menempuh pendidikkan banyak kisah yang terjadi dan aku akan mengisahkan sebagian. Masa Ospek menjadi momok yang paling menakutkan, banyak modal, capek trus jadi sakit abis ikut kegiatan itu. Tapi mau apa lagi jika itu kewajiban harus diikuti dan ternayata meski bikin capek tapi SERU. Meski mikir dua kali dan muka tebel ngutang sama temen satu kelompok yang baru kenal karena kiriman orang tua lambat baru nyampe.

Bikin gelang dari tutup botol dan mesti diwarnain sama kayak warna kelompok


Terpampang nyata item banget muka di hari kedua


Hari Pertama Ospek yang melelahkan

 Sesudah ospek pun harus mengikuti mata kulia yg wajib dan dan hampir 25 SKS dalam satu semester. Mumet-mumet dah, kalau punya pasangan yang kuliah di kesehatan terutama kebidanan harap maklum karena jadwal kuliah padet belom lagi tugas dan presentasi di kelas.
 1 tahun mengemban ilmu teori ada juga 6 bulan saja (1 semester) maka akan menghadapi namanya DINAS dalam artian MAGANG. Anak kesehatan nyebut magang di Rumah Sakit dan PUSKESMAS adalah Dinas. Gak tau juga kenapa tapi keren aja, waktu bicara sama temen-temen satu sekolah waktu ngumpul-ngumpul. "Bulan depan pulkam gak?" "Enggak bisa, aku DINAS di RS"


Dinas pun gak semata-mata nimba ilmu di Rumah sakit atau Puskesmas saja tapi juga wajib bikin laporan per ruangan. Anak Kebidanan biasanya nyebut ASBID (Asuhan Kebidanan) yang mana harus mencari kasus yang ada di ruangan tersebut. Misalnya :

ASUHAN KEBIDANAN
                           PADA IBU G4P3A0 HAMIL18 MINGGU DENGAN ANEMIA RINGAN
DI POLI KIA PUSKESMAS .....

Nah gara-gara ini kalian bisa marah-marah gak jelas ketika dapet kasus yang sulit yaitu kasus Patologis atau kasusnya udah ditentuin tapi dalam 3 hari gak ada juga pasien dengan kasus yang udah ditentukan tersebut.
 
Waktu senggang dikit dijadikan kesempatan buat ngerjain tugas. Kalau dinas malem dimana tidurnya? ya dimana aja, tidur sambil duduk atau rebahan sama aja syukur-syukur bisa tidur.

      Penempatan dinas pun gak selamanya di situ-situ aja dalam 1 bulan biasanya rolling 4 ruangan, jadi dalam 1 minggu harus bikin 1 ASBID per ruangan dan ruangannya biasanya seputar kebidanan tapi pernah juga di ruang operasi.


        Ditempat kampus aku, dinas ada 5 kali. Pertama Dinas Praktik Keperawatan trus disemester selanjunya rutin Dinas Prakik Klinik Kebidanan 1 - 4 dalam dinas ada yang sampe 2 bulan, bahkan gak jarang penempatannya diluar kota. Kos-kosan mesti bayar doubel ditambah adaptasi dengan lingkungan baru ditempat kos baru.
       Biasanya anak kebidanan bakal ikut praktik dengan Bidan Praktik Mandiri (BPM) untuk nambah-nambah ilmu. Gak jarang juga ketika dinas ada telpon dari Bidan yang nyuruh kita dateng ketempat pasien yang mau melahirkan, atau dini hari ditelpon padahal besok pagi kuliah, atau  besoknya mau ujian. hey jangan anggap enteng UJIAN dalam kebidanan. semuanya butuh skill serta pengetahuan yang mumpuni buat lulus. Ditambah penguji-penguji yang expert yaitu para ibu Bidan-Bidan senior yang tersebar di beberapa Rumah Sakit. Trus kamu bakal face to face sama Dokter yang nanya-nanya pengetahuan kamu seputar kebidanan. Bakalan pusing dengan ngehafal daftar tilik dan ngebaca buku-buku kebidanan.
       Apa kalian pernah berpikir untuk drop out karena masalah biaya? ya,, hal tersebut pernah terjadi tapi ALLAH MAHA PEMURAH DAN KAYA. Hal tersebut akan mudah jika semua permasalahan kamu percayakan dengan ALLAH hingga akhirnya aku bisa ikut PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) di tahun terakhir pendidikkanku. 

      Dan akhirnya setelah seminar proposal dan Sidang KTI (Karya Tulis Ilmiah) my graduation.. kayak mimpi,, udah diujung lelaah, dibayangin gimana caranya bayar buat biaya semester 5 - biaya yudisium dan wisuda, dan apakah tetap bisa bertahan dengan keyakinan yang ada di Hati kalau ALLAH AKAN MEMBANTU. Alhamdulillah..



Postingan terkait:

43 Tanggapan untuk " Jangan anggap enteng kuliah di Kebidanan "

  1. kaka baru wisuda ? kuliah dimana ka ? awal masuk kebidanan tempat kaka berapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahun kemaren wisuda de, kaka kuliah Di AKBID MARTAPURA Yayasan KORPRI Banjar de,, tahun kaka kemaren bayar 7,8 juta masuk awal itu pembayaran tahap pertama, tahap kedua bayar 4,6 juta. Kaka kemaren gak pake sumbangan suka rela.

      Hapus
    2. Assalamu'alaikum ka mau nannya .. bisa ga si aku lebih menonjol di bidang agama tapi di bidang akademik aku lemah banget aku suka remed juga disekolah .. tapi aku pengen banget masuk kebidanan.. aku blom punya basic apa-apa .. jadi aku harus gimana ka? Aku takut berhenti ditengah² .. semua keluarga aku nyuruh aku jadi bidan tapi aku tkt ga bisa .. mohon bantuannya ka :)

      Hapus
  2. aduh kak kada kebayang banar pusingnya. btw aku maba baru tahun ini. apalagi aku jurusan ips. kada kebayang gimana atur waktunya. haaaa harus siap mentaaaaal :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah kalo udah dijalanin bakal seru de

      Hapus
    2. Kaka jur ips? Susah ga ka masuk kebidanan

      Hapus
    3. Setau aku temen2 aku ada juga dulu yg jurusan IPS bahkan ada yg dari SMK jurusan akutansi. Masuknya pake tes tertulis, tp aku kemaren ikut jalur PMDP gak ikut jalur umum. Jd kurang tau tes tertulis nya kayak gimana, kemaren ikut tes sempet ikut tes di kampus lain poltekkes. Kayaknya kurang lebih deh, pengetahuan umum gitu kayak UN. Klo udah lulus tes tertulis baru tes kesehatan. Waktu tes kesehatan yg penting jangan hamil sama narkoba.

      Hapus
    4. Ka klw lulusan SMK EMANG BOLEH MASUK KEBIDANAN KA?PLIIS JAWAB

      Hapus
  3. kaka semalem awal masuk jalur pmdp kah atau umum?

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Iya de,, D3 kemaren tp doain semoga bisa S1 amiiin 🙏🙏

      Hapus
  5. Kak kira2 kalo anak smk jurusan akutansi bisa ngikutin gak materi kebidanan soalnya kita gak punya besik sama sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Maaf baru bales ya, soalnya udah jarang banget ngeblog. Terkendala signal. Bisa aja de, temen aku sebelumnya dia anak SMK jurusan akutansi. Tapi dia termasuk paling pintar di kelas. Bahkan pertanyaan dari dosen bisa dia jawab terus jd andelin lah pokoknya kalo presentasi heee kalo kamu fokus dan masuk kuliah terus. Insya Allah semua di mudahkan.

      Hapus
  6. Rafika anissa : bisa , aku SMK jurusan multimedia dan tahun ini masuk kebidanan dengan jalur tes tulis + nilai rapot

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sulit gak kak? Saya SMK jurusan TKJ, udah minder duluan takut

      Hapus
  7. Rafika anissa : bisa , aku SMK jurusan multimedia dan tahun ini masuk kebidanan dengan jalur tes tulis + nilai rapot

    BalasHapus
  8. Mau masuk kebidanan tapi aku takut sama darah kak��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hee,,, mau gimana lagi , emang dimana2 entar urusannya sama darah . Sampe2 aku udah bisa ngebedain bau darah lahiran sama darah bukan lahiran

      Hapus
  9. Masuk kebidanan itu banyak biaya prakteknya ga sih ka ? Kaya beli ini itu

    BalasHapus
  10. maaf dee,, supeeer telat balesnya di tempat kerja gak ada sinyal. buka blog juga pas ada laptop, sambi ngemong bayi susaaah mau sekedar nulis hee. aku kemaren buat praktek udah masuk di uang bayar semester. jadi udah gak ada lagi bayar ini dan itu , kecuali remedial atau beli sarung tangan steril sendiri waktu ikut sbg asisten bidan waktu nolong lahiran

    BalasHapus
  11. Anak saya smk adm perkantoran , apakah bisa masuk d3 kebidanan soalnya tiap stikes ada yang bisa ada yang tidak , mohon bantuan pencerahan terimakasih bantuannya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung dari kampusnya bu, setau saya di kalsel masih bisa walaupun lulusan SMK, soalnya temen saya ada yg dari jurusan akutansi, dll sekolahnya dulu. Maaf banget baru balas bu

      Hapus
  12. Kak apa kalo praktik di rumah sakit itu bayar yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya bayar waktu kita di bayar semester. Disana dirinciin berapa biaya praktik

      Hapus
  13. Kak kalo dari smk keperawatan apakah bisa masuk kebidanan,,,???

    BalasHapus
  14. Kak mau tanya,saran kaka lbih baik d3 dulu trus lnjut s1 apa lngsung ambil d4?kalau untuk kdpannya mna yg lbih mnunjang kak?

    BalasHapus
  15. Kak kebidanan itu khusus untuk membantu melahirkan aja ya ka??

    BalasHapus
  16. Ko jadi degdegan banget ya kak denger kakak cerita kek gitu.
    Huaaaaaaaah
    Harus siap mental dan hati ya kak kalo sudah berani mengambil jurusan kebidanan.

    BalasHapus
  17. Kak kmi udh semestr 5 kebidanan tpi entah kenapa kmi takut dinas takut askeb gak selesai dll nya kak

    BalasHapus
  18. Kak jadi kira kira total biaya kakak semalam D3 kebidanan itu berapa?

    BalasHapus
  19. Bagi no wa dong kak aku ingin tanya tanya lebih lanjut tentang kebidanan

    BalasHapus
  20. Ka mau tanya dong saya kan smk ambil jurusan akuntasi tetapi saya niat kuliah ngambil kebidanan apa itu bisa ka?

    BalasHapus
  21. Kalau dari SMK farmasi bisa masuk kebidanan gak kak?

    BalasHapus
  22. Assalammualaikum kk mau nanya dari smk akuntansi masuk kebidanan kira kira bisa ngak yah kk aku pengen banget masuk kebidanan

    BalasHapus
  23. Ka usia 30th masuk atau tdk ka ya??

    BalasHapus
  24. Assalamu'alaikum ka mau nanya disana belajar fisika ga? Kaya ngitung" gitu?

    BalasHapus
  25. Kak mau tanya,kalo kita smk jurusan farmasi ngambil kuliah nya jurusan kebidanan bisa kak?

    BalasHapus
  26. Kak bisa gasi anak SMK jurusan adm perkantoran masuk kebidanan? Tapi jurusan adm perkantoran ku berbasis rumah sakit ,aku jga pernah PKL di puskesmas dan dikasi bagian di KIA

    BalasHapus
  27. Kak setelah tes tertulis lulus kan lanjut tes kesehatan, nah kalau tes kesehatan berat badannya kurang gimana?
    Berpengaruh ga kak pada penerimaan masuk kuliahnya?

    BalasHapus